Jumat, 05 Juni 2015

Cara Kerja Adaptive LED Headlight di Mazda CX-5 dan Mazda6


Rangkaian test drive Mazda CX-5 dan Mazda6 di Bali (25-26/5) tidak hanya berjalan di siang hari, tapi juga malam hari. Di sini waktu yang tepat untuk fitur Adaptive LED Headlight (ALH) bekerja.

"Pada malam hari, sistem ALH di Mazda CX-5 dan Mazda6 akan memblok sebagian cahaya ketika ada kendaraan dari arah berlawanan, dan pada saat berada di belakang mobil lainpun pada jarak minimal 10 meter, proyektor akan mengatur agar cahaya LED tidak menyorot langsung ke mobil di depannya," kata Bonar Pakpahan, product planning expert MMI.

Lebih lanjut Bonar mengklaim jika teknologi ini sudah lebih baik dibanding mobil yang masih menggunakan lampu xenon dan halogen. "Meski headlight bisa bisa mengatur tingkat terangnya secara otomatis, teknologi ini tetap aman dan lebih awet dibanding model lampu xenon atau halogen yang masih menggunakan balast," tambah Bonar.

ALH pada Mazda CX-5 dan Mazda6 terdiri 4 bagian. Komposisi dari kiri ke kanan LED didukung 4 dioda, 2 dioda, 2 dioda, dan 4 dioda. Sistem kerja ALH juga terbagi dalam 3 mode. Ada Glare free mode yang bekerja pada kecepatan 20-30 km/jam, wide distribution low beam pada kecepatan 60 km/jam, dan Highway low beam di kecepatan 95 km/jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar